Lewat Budi Daya Ikan Lele, Santri Bisa Manfaatkan Peluang Bisnis

Yayasan Pondok Pesantren Al- Hikmah – Bagi sejumlah kalangan khususnya pesantren untuk memanfaatkan ikan lele sebagai sarana pengembangan usaha. Bukan tidak mungkin, bila dikelola dengan benar dan mengetahui peluangnya maka akan jadi usaha yang menjanjikan.Apalagi sejak tahun lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan kolam budi daya ikan lele dengan sistem biofok.

Ternak lele ini tak hanya memenuhi kebutuhan ilmu para santrinya, tetapi juga berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan protein para santrinya sehingga jumlah kebutuhan akan gizi para santri akan tercukupi. Bahkan dari hasil panen ikan lele itu, pihaknya juga masih bisa menjual ke masyaraka.

Budidaya ikan lele ini memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan budidaya dengan cara tradisional terutama dalam upaya menghemat air dan pakan. Budidaya ini merupalan sebuah kegiatan yang sangat positif karena selain memenuhi kebutuhan santri juga bisa menjadi lahan usaha.

Yayasan Pondok Pesantren Al-Hikmah berharap ke depannya program ini bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi di lingkungan pesantren dalam rangka mengantisipasi dampak Covid-19 disamping bisa menjadi sumber porotein untuk meningkatkan kecerdasan para santri. Dengan demikian program ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Gresik.